Lokasi Program Borobudur-Yogyakarta-Prambanan

Daya Tarik Wisata

Salah satu cara untuk meningkatkan daya tarik wisata, terutama pengunjung asing, adalah dengan mengembangkan Yogyakarta, Borobudur, dan Prambanan sebagai tujuan pariwisata budaya. Kawasan ini dapat dikembangkan sebagai tujuan wisata dengan simbol budaya tradisional Jawa yang diakui secara internasional. Kota Yogyakarta merupakan pusat utama untuk infrastruktur pariwisata dan transportasi. Selain memiliki suasana kota yang menyenangkan dan jalan Malioboro yang terkenal sebagai salah satu pusat belanja wisata, kota ini juga memiliki warisan budaya yang kaya.

Salah satu daya tarik yang ada di Kota Yogyakarta adalah Kraton Yogyakarta yang merupakan kediaman Sultan dan keluarganya. Kraton Yogyakarta juga merupakan museum hidup dimana wisatawan dapat belajar dan melihat bagaimana budaya Jawa terus dilestarikan. Istana Air Taman Sari berada di dalam wilayah Kraton dan dibangun pada pertengahan abad ke-18. Taman Sari memiliki empat area yang berbeda, yaitu: danau buatan besar dengan pulau-pulau dan paviliun yang terletak di sisi barat, kompleks mandi di sisi tengah, kompleks paviliun dan kolam di sisi selatan, dan danau kecil di sisi timur. 

Untuk mengunjungi Candi Borobudaur dan Candi Prambanan dapat ditempuh selama 1 jam berkendara dari Yogyakarta. Candi Borobudur dan Candi Prambanan adalak kompleks candi Jawa yang megah dan memiliki nilai sejarah masing-masing dari abad ke 8 hingga ke 9 dan abad ke 9 hingga ke 10. Keduanya adalah Situs Warisan Dunia UNESCO dan dikelola oleh PT. TWC. Selain itu, tempat wisata lain yang dapat dikunjungi adalah:

1. Candi Pawon

2. Candi Mendut

3. Punthuk Setambu (Sunrise Spot)

4. Bukit Rhema (Abandoned Church)


No. Title File Category Download