Berita / Berita Detail

Berita Destinasi Detail Page

Lahan Bebas Sengketa di Mandalika Bisa Segera Digarap

Lahan Bebas Sengketa di Mandalika Bisa Segera Digarap

Mataram (Suara NTB) – Pembersihan lahan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika diharapkan mendapat respons damai. Permasalahan lahan sejauh ini hanya pada klaim. Khususnya di area Sirkuit MotoGP Mandalika. Lahan yang sudah tidak ada sengketa klaim kini sudah bisa dikerjakan.

 

Berlarutnya soal lahan, sambung dia, justru kontraproduktif dengan upaya percepatan pembangunan daerah. Padahal soal lahan itu sudah selesai. Pengembangan kawasan tersebut juga harus melibatkan masyarakat untuk peningkatan ekonomi.

 

Nanang mengatakan, ada 11 titik lahan di kawasan Sirkuit MotoGP Mandalika yang diklaim warga. Sementara empat titik di antaranya bahkan sudah bisa dilakukan pembersihan lahan. “Yang menempati lahan sudah tiga kali disurati. “Cepat eksekusi, cepat tenang,” ucapnya.

 

Persoalan lahan kawasan sirkuit sudah selesai. Nanang mengatakan, tugas selanjutnya menyelesaikan lahan Penetapan Lokasi (Penlok) 1. Yang di dalamnya terdapat lahan milik warga, baik yang dengan alas hak sertifikat ataupun pipil.

 

Proses negosiasi antara PT. ITDC dengan warga belum mengurucut. “Enklave kalau mereka tidak mau (nego harga sesuai appraisal). Pakai konsinyasi. Tidak ada masalah. Uang dititip di pengadilan,” tandas Kajati. 



Sumber: [https://www.suarantb.com]