Berita / Berita Detail

Berita Destinasi Detail Page

G20 di Candi Borobudur, Ini Agendanya

G20 di Candi Borobudur, Ini Agendanya

MAGELANG, SUARA MERDEKA - Direktur Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid menerangkan sejumlah agenda Group of Twenty atau G20 di Candi Borobudur, 11-13 September mendatang.

Pada Minggu (11/9), Hilmar bilang delegasi dari 20 negara sudah tiba di Kecamatan Borobudur.

Sehari kemudian, pada siang hari akan berlangsung kirab budaya dari Candi Pawon menuju Candi Borobudur. Pada waktu ini juga dijadwalkan kegiatan pertemuan antara pejabat tinggi dari kementerian di bidang kebudayaan. Malam harinya ialah pementasan orkestra oleh musisi-musisi asal anggota G20.

Hari terakhir, Selasa (13/9) malam, diagendakan doa bersama atau ruwatan Bumi oleh masyarakat adat dari seluruh Indonesia.

"Sekitar 200-an delegasi (G20 datang ke Candi Borobudur)," ujar Hilmar di sela kunjungannya pada acara Pasar Tegalan di Dusun Kedungrengit, Desa Tegalarum, Kecamatan Borobudur, Minggu (28/8/2022).

Hilmar menyebut tidak semua delegasi G20 bisa naik ke Candi Borobudur. Dia bilang pihaknya tidak membuat agenda untuk naik ke situs warisan dunia itu bagi mereka.

"Kecuali (Selasa) 13 (September) dini hari, (bisa naik ke Candi Borobudur untuk melihat) sunrise [matahari terbit] untuk beberapa orang (dari G20)," sambung dia.

Hilmar menambahkan lewat pertemuan G20, pada bidang Pendidikan dan kebudayaan, ditargetkan tercapaikan kebijakan kebudayaan terkait kelestarian bumi dan dana abadi untuk seniman yang terdampak kondisi keuangannya akibat pandemic Covid-19.

Adapun G20 adalah sebuah forum yang menghubungkan negara-negara maju dan berkembang di dunia. G20 memiliki peran untuk mengamankan pertumbuhan dan kemakmuran ekonomi global di masa depan.

 

Anggota G20 antara lain Argentina, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Republik Korea, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Sumber: kedu.suaramerdeka.com