Berita / Berita Detail

Berita Destinasi Detail Page

Untuk Pertama Kali, International Olympiad in Informatics di Yogyakarta Digelar Hybrid

Untuk Pertama Kali, International Olympiad in Informatics di Yogyakarta Digelar Hybrid

Jakarta: Indonesia menjadi tuan rumah International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34. Ini merupakan kompetisi tingkat dunia di bidang Teknologi Informatika (TI).

IOI juga merupakan salah satu kompetisi TI tertua dan terbesar di dunia. Selama penyelenggaraanya, baru IOI ke-34 diselenggarakan hybrid atau daring dan luring bersamaan.

 

Penyelenggaran luring bertempat di Yogyakarta, sedangkan daring dari negara masing-masing peserta. Kompetisi tingkat pelajar SMA ini berlangsung pada 7 hingga 15 Agustus 2022.

"Untuk pertama kali IOI ini dijalankan secara hybrid yaitu daring dan luring dan ini terjadi di Indonesia," kata Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, secara daring, Selasa, 9 Agustus 2022.

Suharti menjelaskan IOI ke-34 diikuti 536 peserta dari 90 negara. Jumlah ini merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah IOI.

"Jumlah ini jumlah terbanyak selama penyelenggaran IOI. Di mana peserta terdiri dari 357 pelajar dan 179 leaders tim, pendamping, dan lain-lain," papar Suharti.  

Saat ini, 414 peserta dari 72 negara telah tiba di Yogyakarta untuk mengikuti kompetisi. Sementara itu, sisanya mengikuti IOI dari negara masing-masing.

"Sebanyak 122 peserta dari 18 negara ikut secara virtual dari negaranya masing-masing," ujar Suharti.

 

Sumber: m.medcom.id