Berita / Berita Detail

Berita Destinasi Detail Page

ASDP Indonesia Luncurkan Pemesanan Tiket Daring Bagi Penumpang di Danau Toba

ASDP Indonesia Luncurkan Pemesanan Tiket Daring Bagi Penumpang di Danau Toba

MEDAN, investor.id - Permudah masyarakat dalam pembelian tiket, PT ASDP Indonesia Ferry (ASDP) kembali terbitkan pemesanan tiket secara online bagi calon penumpang yang berada di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.


Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi menjelaskan, pembelian tiket secara daring ini dikhususkan untuk para penumpang yang hendak menyeberang dari pelabuhan Ajibata menuju pelabuhan Ambarita, pulau Samosir. Dengan demikian, hal ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam pembelian tiket sesuai dengan jadwal.


“Reservasi online bisa dilakukan melalui situs kami di toba.ferizy.com,” jelasnya kepada media, Kamis (18/8/22).


Untuk diketahui, untuk jalur penyeberangan ini ASDP memiliki tiga kapal yang beroperasi di pelabuhan yang sebelumnya disebutkan dan menangani 3.500 hingga 7.000 kendaraan per bulan. Dengan demand yang tinggi tersebut, perseroan bahkan berencana untuk menambah dua armada kedepan.


Trip pertama dimulai dari pukul 07.30 hingga jam 22:30, pada hari kerja perseroan bisa menangani 5 trip pulang pergi dan 7 trip pulang pergi pada hari libur,” ujarnya.


Lebih lanjut, untuk tarifnya sendiri perseroan mematok sebesar Rp 10.000 untuk usia penumpang di atas 6 tahun dan usia 2-6 tahun dan Rp 7000 untuk usia dibawah 2 tahun atau masuk dalam kategori bayi. Sedangkan untuk jenis kendaraan, golongan pertama yakni sepeda kayuh diwajibkan membayar sebesar Rp 15.000 untuk sekali perjalanan, kemudian golongan II yakni R2 < 500cc sebesar Rp 25.000, golongan III  R2 > 500cc dan R3 sebesar Rp 50.000.


Lalu, golongan IVA: Kendaraan penumpang panjang <5 meter dan golongan IVB Kendaraan barang panjang <5 meter masing-masing sebesar Rp 170.000 dan Rp 148.000. Golongan VA yakni Kendaraan penumpang dengan panjang 5-7 meter sebanyak Rp 322.000, golongan VB kendaraan barang panjang 5-7 meter sebesar Rp 258.000.


Golongan VIA Kendaraan penumpang panjang 7-10 meter Rp 548.000, golongan VIB  kendaraan barang panjang 7-10 meter sebesar Rp 423.000, golongan VII kendaraan barang panjang 10-12 meter sebesar Rp 532.000, golongan VIII kendaraan barang panjang 12-16 meter sebesar Rp 787.000, terakhir golongan IX Kkendaraan barang panjang >16 meter sebesar Rp 1.172.000.


Adapun sebelumnya, dalam pengesahan ASDP sebagai pengelola kedua pelabuhan yang terletak di Danau Toba tersebut, Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan, KSPO BMN Pelabuhan Ajibata dan Ambarita merupakan skema bisnis baru yang diharapkan dapat saling menguntungkan kedua belah pihak.


“Sebagai BUMN, KSPO BMN ini juga berdampak positif, di mana keuntungan yang dihasilkan tidak saja menambah penerimaan negara tetapi juga bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” tuturnya.


Pemilihan ASDP sebgaa pengelola kedua pelabuhan itu dilaukan setelah melalui proses yang cukup panjang, ASDP kini menjadi mitra Kerja Sama Pemanfaatan Operasional Barang Milik Negara (KSPO BMN) yang terpilih dalam mengelola pelabuhan sebagai fasilitas utama transportasi.


Hal itu, menurut Shelvy, turut menunjang kegiatan ekonomi masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Objek BMN yang akan dikelola adalah lahan dan bangunan Pelabuhan Ajibata dan Ambarita.


“ASDP ke depan tentu juga dapat memperluas aktivitas bisnisnya melalui skema KSPO ini. Dengan jam terbang yang tinggi dalam mengelola pelabuhan, ASDP memiliki standar pelayanan minimum dan standar safety yang optimum serta SDM yang berkualitas,” tandas dia.


Sumber: investor.id