Berita / Berita Detail

Berita Destinasi Detail Page

Danau Toba Rally 2022 HTI PT Toba Pulp Lestari Aek Nauli, Parapat Berlangsung Sukses

Danau Toba Rally 2022 HTI PT Toba Pulp Lestari Aek Nauli, Parapat Berlangsung Sukses

Kejuaraan Nasional Rally tahun 2022 ini berlangsung sukses. Kejuaraan kali ini dinamai Danau Toba Rally 2022 yang berlangsung dari tanggal 5-7 Agustus 2022 di Hutan Tanaman Industri lahan konsesi PT Toba Pulp Lestari Sektor Aek Nauli Parapat, Simalungun. Event kali ini diikuti oleh 46 pereli dari berbagai daerah di Indonesia.

 

Danau Toba Rally 2022 terbagi dalam 9 special stage (SS) di Aek Nauli, Gorbus dan Huta Tonga dengan total jarak tempuh sepanjang 333,86 km. Juara kategori M1 di raih oleh Ryan Nirwan dari Toyota Gazoo Racing Indonesia. Kategori M2 diraih Bintang Bartean dari BRM Motorsport. Juara M3 diraih oleh Benny Lautan dari RFT Motorsport.

 

Kategori F1 diraih oleh Sunny Boy, F2 oleh Andrew Hutabarat, F3 diraih Yosep Suryanto. Sementara kategori R3 diraih Ronny JS dan kategori J2 oleh Achmad aldio Oekon.

 

Danau Toba Rally kali ini diikuti beberapa pesohor seperti Rifat Sungkar yang comeback lagi setelah 12 tahun vakum. Ada Pasetyo Edi Marsudi (Ketua DPRD DKI Jakarta dan politikus PDIP). Franc Bernhard Tumanggor (Bupati Pakpak Barat), Musa Rajekshah (Wakil gubernur Sumut dan Politisi Golkar), Harun Mustafa (Ketua IMI Sumut dan Wakil Ketua DPRD Sumut).

 

Adapun tujuan dari event Danau Toba Rally kali ini, selain kegiatan rutin dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), event ini ditujukan sebagai daya dorong untuk menggerakkan kembali pariwisata di Danau Toba.

 

Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Sumatera Utara yang juga ikut ambil bagian dalam Rally ini mengatakan, "Danau Toba Rally 2022 adalah ajang membuktikan diri bahwa Sumatera Utara mampu menyelenggarakan Rally dengan baik dan sukses. Keberhasilan Danau Toba Rally 2022 ini menjadi titik awal bagi kita untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Rally Dunia.

 

Secara khusus Musa Rajekshah mengucapkan terimakasih ke jajaran PT Toba Pulp Lestari yang telah membantu panitia mempersiapkan Lahan Konsesi PT TPL sector Aek Nauli menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan. Tanpa dukungan penuh dari manajemen PT Toba Pulp Lestari kegiatan ini tak mungkin berlangsung sukses.

 

Musa Rajekshah juga menambahkan rasa terimakasihnya buat masyarakat Simalungun yang memberikan dukungan yang baik dalam penyelenggaraan event ini. Juga buat TNI & Polri yang bekerjasama dan bekerja keras mengamankan kegiatan Danau Toba Rally 2022 sehingga sukses dan tak ada insiden. Penonton juga sangat disiplin dan bisa diajak untuk mematuhi peraturan-peraturan yang ada.

 

Jandres Silalahi (Deputi TPL Head) yang saya temui saat opening ceremony mengatakan bahwa TPL telah bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia sejak tahun 1997 untuk penyelenggaraan Rally Nasional di Sektor Aek Nauli. Dukungan TPL ini adalah dalam rangka untuk mendukung Sport Tourism. Jandres Silalahi mengatakan bahwa dengan kehadiran 46 pereli dari berbagai daerah kali ini tentu akan memberi dampak positif terhadap hunian hotel, dimana 46 tim ini tentu di dukung keluarga dan tim nya, para fans dari pereli juga pasti ada yang datang dan menginap. Demikian juga mitra para pereli yang mensponsori masing2 tim. Jadi hajatan seperti ini pasti sangat bermanfaat untuk keberlangsungan Pariwisata Danau Toba.

 

Ditambahkan lagi, Kejuaraan Nasional Danau Toba Rally 2022 ini pasti juga akan menggerakkan sector ekonomi di daerah ini. Para pedagang, pelaku usaha wisata, umkm akan bisa merasakan kehadiran event ini.  Dan oleh sebab itu, disanalah PT Toba Pulp Lestari merasa wajib hadir dan berkontribusi untuk kawasan Danau Toba.

 

Tuan Rumah Asian Pasific Rally Championship

Keberhasilan pelaksanaan Danau Toba Rally 2022, maka sumut dinyatakan lulus dan akan menjadi tuan rumah Asian Pasific Rally Championship (APRC) yang akan dilaksanakan di Hutan tanaman Industri PT Toba Pulp  Lestari Sektor Aek Nauli pada tanggal 23-25 2022 mendatang. Musa Rajekshah sudah mendapat informasi bahwa para pereli dari India dan Jepang sudah menyatakan ikut dalam APRC yang akan datang.

 

Anwar Lawden (Direktur PT Toba Pulp Lestari) mengatakan, kejuaraan Danau Toba Rally 2022 telah selesai dilaksanakan dengan baik dan cukup sukses. Selamat untuk para pemenang dan para peserta lomba. Semoga para pereli selalu rindu dengan suasana danau Toba dan semoga mereka datang kembali dalam event yang lebih besar dimasa yang akan datang. Rute Aek Nauli di lahan HTI Toba Pulp Lestari adalah rute yang sulit dan menantang. Tentu ini akan menjadi kenangan tersendiri bagi para pereli.

 

Anwar Lawden mengatakan PT Toba Pulp Lestari akan terus hadir dan berkontribusi di Sumatera Utara untuk kemajuan Sumatera Utara, khususnya Danau Toba.


Sumber: kompasiana.com