Berita / Berita Detail

Berita Destinasi Detail Page

IJECK Jadi yang Tercepat Kedua Shakedown Danau Toba Kejurnas Rally, Catat Waktu 4 menit 20,1 detik

IJECK Jadi yang Tercepat Kedua Shakedown Danau Toba Kejurnas Rally, Catat Waktu 4 menit 20,1 detik

TRIBUN-MEDAN.com,PARAPAT - Proses pemeriksaan kendaraan secara lengkap atau disebut scrutineering di ajang Danau Toba Kejuaraan Nasional (Kejurnas) rally telah selesai dilakukan.


Panitia menyatakan seluruh peserta lolos termasuk kendaraan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah alias Ijeck yang turut menjadi peserta di gelaran balap bergengsi itu.


Hal ini disampaikan oleh Scrutineer Marman di Scrutineering Area, Terminal Sosor Saba, Parapat, Kamis (4/8/200). Scrutineering menjadi tahapan awal dalam gelaran rally yang wajib dilakukan karena menyangkut kelayakan dan keamanan.


“Sebelum mengikuti perlombaan, scrutineering menjadi awal penentu kendaraan bisa main atau tidak. Ini arena terpenting karena di sini kita cek seluruhnya mulai surat kendaraan, standard safetynya baik helm, roll bar, bucket seat, seat belt harus disesuaikan dengan standar atau regulasi FIA,” ujar Marman.


Marman menambahkan tak ada kendala selama pengecekan berlangsung, seluruh peserta dinyatakan lolos termasuk kendaraan yang digunakan Wakil Gubernur Musa Rajekshah.


“Tak ada kendala semua sebanyak 46 peserta kita pastikan bisa mengikuti perlombaan termasuk Bang Ijeck,” ucapnya.


Sebelum masuk ke pengecekan mesin, panitia scrutineering di bagian seal/marking telah ditempelkan stiker, nomor pembalap dan lainnya.


“Baru setelah ditempel stiker iklan dan stiker tanda peserta, kendaraan dibawa ke pengecekan mesin dan kelengkapan. Setelah semua oke, nanti akan mendapatkan tanda lulus berupa stiker,” kata salah satu Marshall Teuku Faisal.


Tak hanya sebelum bertanding, saat dinyatakan berhasil finish seluruh pemenang harus melalui pemeriksaan teknis kembali atas kendaraannya.


“Jika terdapat perubahan atau tidak sesuai dengan standar seperti di awal pemeriksaan, maka hasilnya bisa dibatalkan,” ujarnya.


Seusai melalui area scutteering, seluruh peserta melanjutkan sesi shakedown.

Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah ditemani navigator Hervian Soejono berhasil menjadi yang tercepat kedua.


Orang nomor dua di Sumut itu mencatatkan waktu 4 menit 20,1 detik setelah Ryan Nirwan 3 menit 54,7 detik dan dikejar oleh Bimo Pradikto 4 menit 26,9 detik.


Hasil shakedown diumumkan panitia setelah seluruh peserta selesai.


“Secara teknis keseluruhan shakedown berjalan lancar dan tepat waktu,” ujar Deputy I Elwin Siregar.


Tercatat ada 46 peserta yang mengikuti kompetisi ini dari berbagai daerah.


Di antaranya DKI, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan, yang ambil bagian.


Para pereli akan menempuh jarak total sepanjang 333,86 Km yang terbagi dalam 9 Special Stage (SS) di Aek Nauli, Gorbus, dan Huta Tonga.



Sumber: medan.tribunnews.com