Berita / Berita Detail

Berita Destinasi Detail Page

Gubernur Sultra Berencana Beli Pesawat Komersial Rute Kendari-Wakatobi

Gubernur Sultra Berencana Beli Pesawat Komersial Rute Kendari-Wakatobi

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi memiliki wacana untuk membeli pesawat komersial untuk melayani rute penerbangan antar daerah seperti Kendari-Wakatobi.

 

Kepala Dinas Kominfo Sultra Ridwan Badallah membenarkan hal tersebut. Ia mengungkapkan wacana tersebut mencuat saat Pemprov bersama Gubernur Ali Mazi dan DPRD Sultra membahas Kebijakan Umum Anggaran dan Kebijakan Plafon Anggaran Sementara atau KUA PPAS APBD Perubahan 2022.

 

"Iya itu baru rencana (pembelian pesawat) disampaikan bapak gubernur ketika rapat kemarin di DPRD," kata Ridwan kepada kendarinesia, pada Kamis (15/09).

 

Ridwan mengungkapkan wacana tersebut belum resmi karena Gubernur baru menyampaikan secara lisan. Menurut dia, selama ini akses Kendari-Wakatobi melalui jalur penerbangan terhambat karena adanya salah satu maskapai penerbangan yang menghentikan operasional antar daerah itu.

 

"Kita doakan saja, kita kan sekarang lagi susah ke Wakatobi (jalur penerbangan) karena maskapai mengalami kerugian," bebernya.

 

Namun ketika itu bisa terealisasi, lanjut Ridwan, maka akan menjadi angin segar bagi dunia penerbangan, khususnya masyarakat Sultra itu sendiri.

 

"Artinya kan kalau bisa pak gubernur membuka akses yang selama ini (terhambat), maka sangat membantu perjalanan," ungkap dia.

 

"Karena pak gubernur melihat dan agak simpati dengan kondisi hari ini karena Wakatobi tidak bisa kita akses lagi (jalur penerbangan), mencarikan solusi bagi masyarakat kita Kendari dan Wakatobi agar bisa melakukan perjalanan menggunakan pesawat," ujarnya.

 

Pemprov Sultra sendiri berharap agar wacana tersebut bisa terealisasi. Namun dirinya mengaku belum mengetahui lebih jauh terkait anggaran yang nantinya akan digunakan untuk membeli pesawat tersebut.

 

"Mudah-mudahan tahun depan, kalau perubahan ini enggak mungkin. Saya kurang tahu apakah APBD tahun depan, APBN, atau mungkin hibah misalkan," ujar dia.

 

Ridwan tak menampik pengadaan pesawat komersial tersebut bisa saja datang dari hibah. Sebab, kata Ridwan, Gubernur Sultra memiliki kemampuan dalam hal melobi pemerintah pusat.

 

"Bentuknya seperti apa, saya belum bisa menerka-nerka. Kan cukup besar anggaran pembelian pesawat. Karena pak gubernur ini punya kemampuan dalam hal melobi, sehingga mudah-mudahan siapa tau dapat, kita doakan," beber dia.


Sumber: kumparan.com