Berita Lainnya Rapat Koordinasi Destinasi Super Prioritas Bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Rapat Koordinasi Destinasi Super Prioritas Bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengadakan rapat koordinasi progres pembangunan pariwisata di destinasi super prioritas (DSP) pada tanggal 13 Desember 2019 di kantor Kemenparekraf. Rapat dipimpin oleh Wamen Parekraf dan dihadiri oleh  Deputi Bidang Ekonomi Bappenas, Kepala BPIW Kementerian PUPR, Ketua CPMU P3TB, Wakil Ketua CPMU P3TB, dan beberapa pejabat lainnya.
Kepala BPIW menginformasikan bahwa dalam hal jangka pendek TA 2020, Kementerian PUPR telah merumuskan program dukungan infrastruktur untuk 5 (lima) DSP yang akan dipadukan dan disinkronkan dengan kementerian/ lembaga terkait.
 
Dalam jangka menengah dan panjang, Kepala Badan BPIW menambahkan bahwa saat ini sedang dalam penyusunan Rencana Induk Pariwisata Terpadu (RIPT). Dalam aspek infrastuktur, telah dilakukan dengan memperhatikan kearifan lokal yang ada, termasuk dalam bentuk arsitektur budaya lokal yang ada, sebagai contoh seperti Gorga di Kawasan Toba dan penataan Puncak Waringin di Kawasan Labuan Bajo. Selain itu, penyusunan RIPT juga menggunakan konsep pembangunan yang berkelanjutan dan berkeselamatan, dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung, serta kebencanaan pada suatu kawasan. Sebagai contoh, jika suatu kawasan memilliki potensi gempa, konstruksi bangunan harus dirancang aman jika terjadi gempa.
Deputi Bidang Ekonomi BAPPENAS menyampaikan bahwa setelah RIPT selesai, harus menjadi acuan pengembangan pariwisata bagi semua kementerian/ lembaga serat pemerintah daerah. Sehubungan dengan hal tersebut, RIPT akan ditetapkan dalam bentuk peraturan presiden dan ditargetkan dapat diterbitkan pada Maret 2020.
Ketua CPMU P3TB menambahkan pentingnya substansi dalam peraturan presiden terkait RIPT, yaitu struktur pelaksana, koordinasi, dan pembiayaan.

Rapat kemudian mendiskusikan berbagai langkah untuk percepatan pembangunan pariwisata di DSP. Sebelum menutup rapat, Wamen Parekraf memberitahukan bahwa Bapak Presiden dan Menteri Parekraf memiliki rencana mengunjungi Kawasan Pariwisata Labuan Bajo pada saat liburan Natal.

P3TB - Document photos

P3TB - Document photos - Kemenpar