Berita / Detail

Berita Destinasi Detail

Kenali Desa Wisata Huta Tinggi: Bagian Dari Kawasan Geosite UNESCO,Pesona Wisata Alam dan Budaya di Tengah Danau Toba Sumatera Utara

Kenali Desa Wisata Huta Tinggi: Bagian Dari Kawasan Geosite UNESCO,Pesona Wisata Alam dan Budaya di Tengah Danau Toba Sumatera Utara

TERITORIAL24.COM- Desa Wisata Huta Tinggi. Meskipun kurang familiar bagi banyak orang, Desa Wisata yang satu ini masuk dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) pada tahun 2021. Desa Wisata Huta Tinggi juga telah menjadi bagian dari kawasan Geosite UNESCO. Terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Desa Wisata Huta Tinggi sering dianggap sebagai surga alam dan budaya di tengah Danau Toba.

Desa Wisata Huta Tinggi ini memiliki total luas wilayah 1,200 hektar yang ditempati oleh masyarakat Suku Batak Toba. Para penduduk Desa Wisata Huta Tinggi tinggal di rumah bolon yang kini telah menjadi simbol identitas dari etnis Batak di Sumatera Utara secara umum. Ada banyak sekali atraksi wisata bagi anda yang ingin berkunjung mulai dari wisata edukasi, wisata alam, dan wisata budaya. Apa saja kira-kira atraksinya:

Pertama, di sini anda bisa mendapatkan kesempatan belajar memerah susu kerbau dan mengolahnya secara langsung menjadi dali ni horbo. Dali ni horbo ini terkenal sebagai sajian khusus berupa keju khas Batak Toba yang biasa dibuat masyarakat sekitar. Secara tradisional, suku Batak biasa menikmati dali ni horbo dengan cara dimasak bersama arsik atau dikenal juga sebagai ikan mas bumbu kuning. Dali ni horbo mempunyai rasa gurih yang unik seperti keju ricotta, tapi dengan tekstur yang lebih solid.

Selain itu, di Desa Wisata Huta Tinggi kamu juga bisa merasakan pengalaman memetik buah kopi di perkebunan yang dimiliki oleh masyarakat setempat. Tidak hanya memetik, kamu juga bisa mengabadikan momen di tengah hamparan ladang yang hijau tersebut. Kegiatan alternatif lainnya adalah kamu juga bisa memetik sayuran hingga ikut bertanam padi di sawah.

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah kamu bisa menyaksikan pertunjukan seni berupa Tari Tortor dan Musik Gondang. Tari Tortor merupakan sebuah tarian tradisional dari Suku Batak Toba yang berfungsi sebagai sarana dalam memanjatkan harapan dan doa serta memohon perlindungan. Maka dari itu, Tari Tortor menjadi bagian penting dalam setiap upacara adat yang memiliki kesakralan tertentu, seperti kematian, penyembuhan, panen, dan lainnya.

Sementara Gondang adalah musik perkusi yang terdiri dari 6 sampai 9 gendang yang tersusun sejajar serta satu buah gendang yang lebih besar dari yang lain. Setiap gendang terbuat dari kayu yang dilapisi kulit sapi atau kerbau dan biasanya dipentaskan untuk upacara yang bersifat tradisional, seperti acara perkawinan dan tarian adat.

Anda tertarik untuk mengunjungi Desa Wisata Huta Tinggi? aksesnya mudah sekali. Cukup datang ke Pelabuhan Ferry Ajibata yang terletak di tepi sebelah timur Danau Toba dan langsung menyeberang ke Pelabuhan Ferry Ambarita di Pulau Samosir dengan waktu tempuh kurang lebih 40 menit.

Dari Ambarita, kamu bisa menggunakan jasa travel untuk naik mobil menuju Desa Wisata Huta Tinggi selama kurang lebih satu jam.

Ada banyak sekali keseruan yang bisa anda dapatkan bila mengunjungi Desa Wisata Huta Tinggi. Apa pun yang anda pilih untuk lakukan, pastinya akan menjadi begitu berkesan untuk dikenang selamanya.

Sumber: https://www.teritorial24.com/