Berita / Detail

Berita Destinasi Detail

Desa Wisata Liang Ndara Mulai Bangkit

Desa Wisata Liang Ndara Mulai Bangkit

LABUAN BAJO, VICTORYNEWS- Geliat pariwisata mulai dirasakan di Desa Wisata Liang Ndara, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. 

Desa Wisata yang berasa di lereng Gunung Mbeliling tersebut sudah mulai bangkit, setiap harinya puluhan wisatawan mancanegara dan domestik mengunjungi desa wisata Liang Ndara untuk menyaksikan pertunjukan Tarian Caci. 

"Pasca Covid-19 Tahun 2022 lalu, kunjungan wisatawan ke Desa Liang Ndara sangat sepi. Berapa bulan terakhir sejak 2023, kunjungan wisatawan sudah mulai meningkat," kata Karolus Ikun, Kepala Desa Liang Ndara, Selasa (23/1/2024) siang. 

Karolus Ikun mengatakan, saat ini wisatawan asing dan nusantara mengunjungi desa wisata Liang Ndara untuk menyaksikan pertunjukan tarian caci yang dipentaskan oleh tiga sangar budaya yang ada di Desa Liang Ndara. 

Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke Desa Liang Ndara adalah, Australia, Jerman dan Swedia. 

Ia berharap, kondisi pariwisata Manggarai Barat terus membaik, sehingga Desa Liang Ndara yang sebelumnya sempat sepi wisatawan, bisa kembali ramai sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya. Dirinya ingin mengembangkan kawasan desa untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

Ia menjelaskan, Dari Desa Wisata Liang Ndara, pengunjung dapat melihat dengan jelas pemandangan kota Labuan Bajo, serta kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) dengan pulau-pulaunya. Saat matahari terbenam, pengunjung dapat melihat sunset yang paling indah yang tenggelam di lautan Flores.

Selain keindahan alamnya berupa air terjun dan gua serta burung endemik yang hidup dalam kawasan hutan mbeliling, Desa wisata Liang Ndara juga terkenal dengan wisata budaya. Wisatawan juga dapat menikmati Tarian Caci, Tarian Tetek Alu, Tarian Ndundu Ndake dan tarian budaya manggarai lainnya. 

Karolus Ikun mengajak, wisatawan yang berkunjung ke Desa Liang Ndara untuk menginap di homestay milik warga. Saat ini, puluhan homestay milik warga desa sudah siap menerima wisatawan. 

"Jadi wisatawan tidak hanya berkunjung terus pulang. Tapi, mereka akan berusaha untuk tinggal lebih lama di  Desa Liang Ndara.Kalau seperti itu, aktivitas masyarakat desa juga lebih banyak,"terangnya. 

Source:

https://www.victorynews.id/