Berita / Berita Detail

Berita Destinasi Detail Page

Dispar Siapkan Event Akhir Tahun

Dispar Siapkan Event Akhir Tahun

TANJUNG-Meski terdampak pandemi, namun asa pariwisata Kabupaten Lombok Utara (KLU) tetap membara. Terlebih akan ada event internasional di NTB akhir tahun ini, bertajuk WSBK. Dinas Pariwisata Lombok Utara sudah mempersiapkan event yang bisa dinikmati wisatawan nantinya.

”Itu sudah ada anggarannya,” ujar Kepala Bidang Pemasaran Raden Santio Wibawa, (26/9).

Ia menuturkan event tahunan pariwisata yang direncanakan sebelumnya adalah Festival Gili Indah. Namun perihal waktu dan tanggal pelaksanaannya, Santio belum merapatkannya. Begitu juga dengan lokasi kegiatan.

Untuk menjalankan kegiatan tersebut pihaknya juga harus menggandeng pelaku pariwisata. Penyelenggaraan event tersebut dinilai sangat tepat dilakukan pada akhir tahun. Sebab setelah dua tahun menghadapi pandemi, ini menjadi langkah baru membangun pariwisata.

”Harapan kita kedepan mudahan pariwisata berjalan normal seperti tahun sebelumnya,” kata pria yang belum genap sebulan ditempatkan di dinas pariwisata tersebut.

Terkait kesiapan Gili Trawangan, Meno, dan Air (Tramena), pihaknya sudah mengkomunikasikan itu dengan pengusaha hotel. Bahkan pihaknya akan melakukan rapat bersama dengan asosiasi di gili, Rabu mendatang.

Ia membeberkan, setelah berkunjung ke Dinas Pariwisata NTB, pihaknya mendapatkan informasi syarat khusus agar Gili Tramena bisa dibuka kembali. Yakni sudah mencapai 75 persen untuk vaksinasi. Seluruh hotelnya juga sudah harus mengantongi sertifikat CHSE.

”Mudahan semua sudah dipenuhi agar bisa beroperasi,” harap dia. Santio menjelaskan, pemerintah sebenarnya ingin ada festival besar. ”Untuk saat ini kita belum ada yang pasti,” ucapnya.

Dirinya mencontohkan seperti Festival Bau Nyale di Kabupaten Lombok Tengah. Para tamu domestik maupun luar negeri sudah tahu kapan event tersebut.

”Makanya kita bedah bersama supaya kedepannya event apa yang cocok menjadi event tahun depan maupun tahunan kita,”tandas dia.

Terpisah, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) KLU Lalu Suratman mengatakan, pihaknya mendukung langkah pemda. ”Kami juga akan bantu apa saja kegiatan yang pas dilakukan untuk event akhir tahun nanti,” pungkas dia.

Sumber: lombokpost.jawapos.com