Berita / Berita Detail

Berita Destinasi Detail Page

Atraksi untuk Wisatawan World Superbike dan MotoGP di Mandalika Lombok

Atraksi untuk Wisatawan World Superbike dan MotoGP di Mandalika Lombok

TEMPO.CO, Mataram - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, NTB, menyiapkan sejumlah atraksi untuk wisatawan dalam perhelatan World Superbike dan MotoGP mendatang. Ajang Superbike akan berlangsung pada November 2021 dan MotoGP Mandalika pada 2022.

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat menyebar sejumlah atraksi di Kawasan Wisata Senggigi, Gerung, Lembar, dan Sekotong. Di kawasan wisata Senggigi ada Festival Pesona Senggigi dengan menggandeng pengelola hotel bintang empat dan hotel binitang lima.

Kegiatan tersebut akan menjadi paket atraksi di hotel sehingga mampu meningkatkan staycation. Ada pula paket hiburan musik dan kompetisi kopi. Kolaborasi, sinergi, dan inovasi ini diharapkan mampu membangkitkan pariwisata di Kabupaten Lombok Barat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Saepul Akhkam mengatakan telah berkolaborasi dengan pemerintah desa setempat dan para pelaku pariwisata di bidang akomodasi, kuliner, dan oleh-oleh. Mulai dari kawasan Senggigi dengan Festival Pesona Senggigi yang berlangsung sepanjang Oktober 2021, Road To Festival Pesona Senggigi pada awal November 2021 di Taman Kota Gerung dan Pusat Oleh-oleh Sasaku Batulayar, kemudian Music of Senggigi di Sheraton Senggigi.

"'Festival Pesona Senggigi akan menampilkan aneka kuliner, pergelaran seni, seperti tarian hingga pewayangan, pameran ekonomi kreatif, aneka kompetisi, dan hiburan," kata Saepul Akhkam. Di wilayah selatan Lombok Barat, pemerintah akan menggelar Festival Air Cinta Laut dengan aneka kegiatan edukatif di Pantai Elak Elak pada akhir Oktober 2021 dan Pokdarwis Camp di Pantai Cemare.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan event Manual Brewing Competition di akhir pekan pertama November 2021. Acara ini berlangsung di Svarga Hotel, Senggigi. Saepul Akhkam meyakini agenda wisata ini mampu membangkitkan sektor pariwisata dan menjadi angin segar bagi pelaku usaha.

Kepala Kepolisian Resor Lombok Barat, Ajun Komisaris Besar Bagus S. Wibowo mengapresiasi upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian masyarakat, khususnya di sektor pariwisata. Walaupun kondisi saat ini sudah tidak separah sebelumnya, dia mengingatkan agar dalam pelaksanaannya tetap disiplin protokol kesehatan.

Sumber: travel.tempo.co