Berita / Berita Detail

Berita Destinasi Detail Page

Gondola Girpasang, Daya Tarik Baru Bagi Para Wisatawan

Gondola Girpasang, Daya Tarik Baru Bagi Para Wisatawan

Gunung Merapi adalah sebuah gunung  berapi yang berada di bagian tengah Pulau Jawa dan termasuk gunung teraktif di Indonesia. Gunung yang memiliki kekayaan alam melimpah.

Salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan dusun terpencil yang berada di lereng Gunung Merapi, sebagai destinasi wisata dengan keindahan alam yang melimpah.

Dusun Girpasang yang terletak di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, merupakan desa terpencil di kaki Gunung Merapi yang berjarak kira-kira 4 Km dari puncak Merapi dengan ketinggian 1000 mdpl.

Dusun Girpasang terletak cukup jauh dari desa lain, yang hanya ditinggali oleh 12 kepala keluarga dan 37 jiwa dengan dikelilingi hutan yang luas dan masih asri. Tidak hanya itu saja, dusun juga dikelilingi dengan sungai yang memiliki kedalaman bervariasi, pemandangan lembah yang memanjakan mata ketika melihatnya.

Sebab, dusun Girpasang terletak cukup jauh dari desa lain, warga sekitar merencanakan pembuatan gondola sederhana untuk mengangkut kebutuhan hidup sehari-hari seperti mengangkut arang, rumput pakan ternak hingga hewan peliharaan untuk sampai ke dusun lain atau sebaliknya dengan melewati jurang yang memiliki kedalaman150-an meter. Sedangkan untuk akses warga, mereka harus menyusuri ribuan anak tangga.

Melihat adanya potensi wisata di Dusun Girpasang, akhirnya warga dengan dukungan pemerintah memperbaharui gondola yang sudah ada dan mengembangkannya, sehingga layak untuk di naiki oleh wisatawan.

“Gondola ini targetkan beroprasi pada awal tahun 2021, dikarenakan adanya kendala dalam pembangunan, sehingga gondola baru beroprasi pada 15 Mei 2021 atau setelah Lebaran idul fitri, ” ujar warga setempat.

Gondola baru yang di khususkan untuk tujuan wisata. Wisatawan cukup membayar Rp 60.000,- per empat orang untuk dapat menaiki gondola dengan perjalanaan pulang pergi, wisatawan yang menaiki gondola dapat berfoto dengan aman dan nyaman di atas gondola.

Tidak hanya menaiki gondola saja, tetapi wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam sembari mencicipi kuliner yang dijajakan di sekitar dusun ini. Setelah gondola ini dioperasikan, banyak wisatawan lokal maupun dari daerah lain yang semakin meningkat terutama saat libur panjang.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan petualangan menuju Dusun Girpasang untuk melihat puncak Merapi lebih dekat, wisatawan dapat melewati ratusan anak tangga, sembari menikmati keindahan lembah, dan perkebunan warga yang ada di sekitarnya.

Dusun Girpasang inilah yang cocok untuk berwisata bersama keluarga, menjahui hiruk pikuk perkotaan. Terutama bagi wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah, dan bingung mencari tempat wisata yang menyejukan mata dengan keindahan alam lereng gunung Merapi, suasana pedesaan yang asri sembari menaiki gondola.

Jarak dari Kota Klaten sekitar 45 menit naik mobil untuk sampai ke Kelurahan Tegalmulyo. Setelah sampai di Kelurahan Tegalmulyo keindahan dan sejuknya berada di lereng Gunung Merapi pun sudah dapat di nikmati.

Sumber : https://yoursay.suara.com